Apa itu Teknologi DLSS pada NVIDIA ?

 Teknologi NVIDIA DLSS

Pengertian

NVIDIA DLSS merupakan kepanjangan dari Deep Learning Super Sample yang merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan NVIDIA pada Kartu Grafis NVIDIA untuk meng-upscaling suatu gambar resolusi rendah (Low Resolution) menjadi gambar resolusi tinggi (High Resolution) pada Monitor komputer Berdefinisi Tinggi (High Resolution).  Sehingga bisa dibilang bahwa teknologi ini memungkinkan mendapat suatu gambar berkualitas tinggi (berkat AI) dengan kualitas rendering yang rendah sehingga daya dan komputasi yang dihasilkan lebih rendah dibanding merender gambar langsung dengan kualitas tinggi.

Teknologi DLSS dikembangkan dan digunakan eksklusif untuk perangkat keras grafis NVIDIA dan hanya bisa digunakan oleh beberapa video games yang sudah terpilih atau mendukung teknologi ini. DLSS diluncurkan pada Bulan Februari Tahun 2019 dengan Versi DLSS 1.0 dengan dukungan teknologi ini berjalan pada video game Battlefield:V dan Metro:Exodus yang hadir pertama kali pada seri Kartu Grafis (VGA) RTX 20xx.

Versi Teknologi NVIDIA DLSS (berdasarkan Wikipedia) :

DLSS 1.0        : Februari 2019
DLSS 2.0 (1)  : Agustus 2019
DLSS 2.0 (2)  : April 2020


Cara Kerja DLSS

Cara kerja teknologi DLSS pada dasarnya adalah sebuah gim (image) dirender pada kualitas rendah (Lower Quality) lalu AI yang sudah dilatih spesifik dan generik pada suatu game tertentu membantu Upscalling image yang tadinya hanya dirender kualitas rendah misalnya 720p HD dinaikkan image quality nya menjadi 4K UHD di tampilan monitor.

Ini merupakan gambaran kasar tentang cara kerja teknologi
NVIDIA DLSS

Pada versi DLSS 1.0, AI sudah terlebih dahulu dilatih secara spesifik pada suatu game terutama Battlefield:V dan Metro:Exodus sehingga menjalankan game tersebut dapat menjalankan kinerja (rendering) yang rendah dengan keluaran (output) tampilan berdefinisi tinggi.

Lalu, pengembangan pada versi DLSS 2.0 (First Iteration) AI yang digunakan berjalan di Shader Core pada CUDA NVIDIA dan berjalan (terutama) di vidio gim Control. Lalu pada pengembangan lanjut versi DLSS 2.0 (Second Iteration) AI dilatih secara generik dan berjalan pada Tensor Core (Inti khusus untuk Deep Learning/AI) yang sebagai Neural Network.


Testing Teknologi DLSS (Pada Video Gim)

Hasil yang diuji oleh NVIDIA  (RTX3080, 4K Res)
nvidia.com

Hasil diatas merupakan tes uji yang dilakukan NVIDIA dengan perangkat kartu grafis RTX 3080 pada Resolusi 4K dan Mengaktifkan DLSS dan Ray Tracing. Berdasarkan grafik tersebut bisa kita lihat bahwa pada beberapa game yang sanggup menggunakkan dukungan NVIDIA DLSS mendapatkan rata-rata performa 250% dimana yang terendah yaitu video gim COD : Black Ops Cold War mendapatkan peningkatan 191% dan yang tertinggi dengan video gim Cyberpunk 2077 dengan capaian performa 333% atau meningkat 3x lipat dibanding DLSS dalam keadaan OFF (mati).

Merupakan perbandingan yang cukup signifikan bahwa DLSS mampu menaikkan performa baik FPS maupun Kualitas Gambar dengan sangat baik dimana bisa meningkatkan performa video gim hingga 2x lipat bahkan dengan keadaan fitur Ray Tracing ON (menyala). Sehingga bisa dikatakan fitur DLSS ini memang mampu dan berguna untuk meningkatkan pengalaman gameplay yang baik kepada para pengguna (gamers). Saat ini tidak semua video gim mendapatkan dukungan (Support) untuk fitur DLSS tetapi dalam beberapa waktu kedepan pastinya akan banyak vidio gim yang akan mendapatkan dukungan fitur DLSS ini, maka kita tunggu saja ! 

Dukungan Video Gim yang mendukung fitur DLSS
nvidia.com

Untuk menjalankan fitur DLSS ini hanya terdapat pada perangkat keras kartu grafis (VGA) NVIDIA saja bahkan hanya dimulai dari seri RTX 20xx keatas sehingga bagi yang mempunyai perangkat keras kartu grafis GTX sayangnya tidak dapat mendapatkan fitur ini.


Alternatif DLSS NVIDIA

Sebagai rival dan kompetitor dari NVIDIA, AMD mengeluarkan senjata pamungkas baru untuk melawan NVIDIA DLSS yaitu AMD FidelityFX dan AMD FidelityFX Super Resolution. AMD FidelityFX Super Resolution (AMD FSR) merupakan pengembangan AMD yang dirilis pada Tahun 2021 dan mengedepankan prinsip keterbukaan melalui inisiatif GPUOpen, sehingga AMD FidelityFX Super Resolution merupakan Open Source (Sumber Terbuka) dan bahkan tidak hanya berjalan pada perangkat keras kartu grafis (VGA) AMD RX saja tetapi bahkan seri NVIDIA RTX dan GTX mampu menjalankan fitur AMD FidelityFX Super Resolution ini. Sehingga AMD FidelityFX bisa digunakan di seri NVIDIA GTX yang mana tidak didukung oleh fitur DLSS ini. 


*Note :
             Sumber dan Referensi 
            - Wikipedia, Official Web dari AMD dan NVIDIA
            - Gambar Merupakan Hak Milik Blog (Sumber Icon atau Ilustrasi Tertera)
         

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Blog CoSinTech. Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi dan penulisan. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan blog CoSinTech lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih dekat dengan GPU Intel (2021)

15+ Perintah Dasar Linux Bagi Pemula

SIRINA siap hadang Ponsel Ilegal/BM