Mengenal Produsen Semikonduktor Chip Besar Dunia

 Produsen Semikonduktor Terbesar Dunia



Di zaman dimana pengadopsian teknologi yang makin cepat terutama teknologi digital saat ini membuat banyak perubahan drastis coba kita bandingkan bila dilihat dari Tahun 2010 dan Tahun 2020. Perkembangan yang masif ini juga didukung dengan adanya kemampuan gawai yang tiap tahun menawarkan fitur dan performa yang lebih baik dan baru, dimana gawai memakai komponen-komponen hardware atau perangkat keras yang selalu mengalami pembaruan baik dari sisi teknologi produksi dan juga fitur yang disematkan. Salah satu komponen vital pada gawai atau gadget adalah Chip Semikonduktor. Chip Semikonduktor berperan untuk menyediakan fungsi proses dan logika pada gawai atau gadget sehingga suatu perangkat gawai atau gadget dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Apa itu Semikonduktor ?

Semikonduktor (menurut Wikipedia) ialah sebuah bahan dengan konduktivitas listrik yang berada diantara isolator dan konduktor listrik. Semikonduktor pada dasarnya terbuat dari pasir yaitu pasir silika, pasir silika yang sering menjadi bahan konduktor adalah silikon, selain silikon bahan semikonduktor yang dapat digunakan yaitu karbon dan germanium.

(FYI : Tahukah kamu nama bahan dasar semikonduktor yaitu Silikon menjadi nama tempat sebuah daerah yang menjadi markas perusahaan teknologi besar dunia yaitu Sillicon Valley ,California, Amerika Serikat)

Semikonduktor dibuat dengan fabrikasi ukuran yang sangat amat kecil untuk saat ini fabrikasi terkecil yang dapat dibuat sekecil 2 nm (nano meter) oleh perusahaan IBM sebagai perbandingan 1.000.000 nm = 1 mm. Sangat teramat kecil bukan ?

Lalu Siapa Pemain Industri Utama Semikonduktor Di Balik Gawai Yang Kita Gunakan ?

Tidak semua negara mampu mengembangkan teknologi semikonduktor hanya beberapa sebagian kecil negara yang mampu mengembangkan dan memproduksi teknologi ini secara mandiri, pada awal 1960an ada Amerika Serikat yang merupakan awal dari masifnya perkembangan komputer lalu pada tahun 1970an negara Jepang muncul menjadi rival pada saat itu dan untuk saat ini yang terdepan pada teknologi semikonduktor yaitu Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Taiwan serta Cina.

Lalu siapa yang menjadi pemain utama dalam industri ini ? Let's Guess Who ?
Amerika Serikat ? Cina ?
Jawabannya yaitu Taiwan, Taiwan (Secara De Facto masih bagian dari Cina) merupakan sebuah daerah berupa pulau sebesar 1/4 dari Pulau Jawa yang terletak di utara Laut Cina Selatan adalah salah negara pemasok chip semikonduktor global hampir 2/3 (dua-pertiga) atau sekitar 63% pasokan chip global dipasok oleh perusahaan semikonduktor Taiwan lalu disusul oleh Korea Selatan sekitar 17% (Data berdasarkan Visual Capitalist 2021). 

Produsen Besar Semikonduktor Chip Dunia

TSMC
Sumber : Internet


TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) adalah perusahaan produsen chip semikonduktor terbesar didunia saat ini. Apakah anda pernah mendengar perusahaan ini ? Lalu mana perusahaan Chip seperti Intel, AMD, Nvidia, dan Qualcomm ? Apakah mereka tidak sebesar seperti TSMC ?
Tentu bukan karena mereka tidak sebesar TSMC tetapi yang membuat TSMC besar adalah karena mereka merupakan kontraktor pemasok utama dari perusahaan seperti Intel, Qualcomm, dan yang lainnya. TSMC diketahui memproduksi hampir *54% atau lebih dari setengah produksi global dan memasok ke perusahaan chip semikonduktor besar ke Intel, Nvidia, AMD, Qualcomm serta Apple (*Visual Capitalist 2021). Jadi wajar saja bila TSMC menjadi pemain kunci dalam industri Semikonduktor dunia.

TSMC tentu sesuai namanya adalah perusahaan yang bermarkas di Taiwan tepatnya di kota Hsinchu berdiri pada Tahun 1987 oleh Morris Chang (Pendiri dan CEO Tahun 1987-2018). TSMC bahkan meraup pendapatan atau revenue lebih dari US$ 40 Milyar (IDR 560T) pada Tahun 2020. TSMC menjadi perusahaan yang terdepan dalam fokus pengembangan serta produksi chip semikonduktor saat ini. TSMC mampu memproduksi chip semikonduktor dengan fabrikasi 5nm (2021) saat ini.

Fasilitas produksi TSMC tidak hanya terbatas hanya di Taiwan, tetapi juga memiliki fasilitas diluar negeri seperti Cina, Singapura dan juga berencana membuka fasilitas produksi di Jepang dan Amerika. 

TSMC
Sumber : worldbuildingdirectory.com


Berikut daftar Fasilitas Produksi TSMC berdasarkan Wikipedia :

Taiwan : Fab 2, 3, 5, 8, 12 (Hsinchu), Fab 6, 14, 18 (Tainan), Fab 15 (Taichung)
Cina : Fab 10 (Shanghai oleh TSMC China),  Fab 16 (Nanjing oleh TSMC Nanjing)
Singapura : SSMC 
Amerika Serikat : Arizona (Dalam Konstruksi, November 2021)
Jepang : Kumamoto (Peletakan Batu Pertama, Tahun 2021)

TSMC juga mempunyai anak perusahaan diantara lain JASM (Japan Advanced Semiconductor Manufacturing) yang saat ini fasilitas produksi sedang dibangun di Kumamoto, Jepang. Ada juga WaferTech beroperasi di Amerika Serikat dengan (kemungkinan) fasilitas Arizona yang sedang dibangun juga akan ditangani oleh perusahaan ini, lalu TSMC China & TSMC Nanjing yang memiliki wilayah operasi di Cina. Lalu ada SSMC (System on Sillicon Manufacturing Company) merupakan perusahaan joint-venture dengan NXP Semicondutor dan memiliki fasilitas produksi di negara Singapura.
  

*Note :
             Sumber dan Referensi 
            - Wikipedia, Other Internet Sources
            - Gambar Merupakan Digunakan Untuk Penggunaan Umum (Sumber Tertera) 
         

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Blog CoSinTech. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan blog CoSinTech lebih baik lagi.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih dekat dengan GPU Intel (2021)

SIRINA siap hadang Ponsel Ilegal/BM

15+ Perintah Dasar Linux Bagi Pemula