Kapan Semua Yang Kita Beli berasal dari Brand Made In Indonesia ?

Kapan Semua Yang Kita Beli berasal dari Brand Made In Indonesia ?


    Ini merupakan pendapat pribadi saya tentang Kapan Semua Yang Kita Beli Made In Indonesia. Pada saat ini kita banyak disuguhkan dengan banyaknya barang-barang entah itu makanan ataupun pakaian walaupun diproduksi(Barang) di Indonesia tetapi merk/brand dan perusahaannya merupakan dari negeri luar.


    "Aku Cinta Produk Indonesia" mungkin itu yang tercermin di benak pemerintah agar kita mencintai produk dalam negeri, tetapi tulisan hanyalah tulisan karena di benak mayoritas warga Indonesia brand dalam negeri masih kalah jauh dengan merk luar(terutama tentang kualitas dan kepopuleran) dan juga warga Indonesia mungkin memiliki pemikiran gengsi kalau memakai brand dalam negeri merupakan orang dengan pendapatan rendah dibanding brand luar yang sering dipakai oleh ekspatriat dan konglomerat.


    Pemikiran-pemikiran seperti itulah yang membuat perusahaan/brand Indonesia sulit bersaing dengan brand luar. Kita bisa mencontoh beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika warganya sangat menyukai brand dalam negeri.


    Contoh : SAMSUNG dahulu merupakan brand elektronik kecil di Korea, karena kecintaan dan adanya respon positif dari warganya terhadap produk SAMSUNG yang dahulu menjualnya secara kecil-kecilan namun saat ini brand SAMSUNG menjadi brand besar dan terdepan dalam inovasi didunia, ini mungkin karena masyarakat Korea sendirilah yang menyumbangkan kepopuleran brand SAMSUNG ke dunia.


    Mungkin kini saatnya kita sebagai Generasi Z memajukan brand Made In Indonesia dengan menunjukkan dukungannya dengan membeli produk dalam negeri. Mungkin saya akan memberi daftar tentang brand brand asli Indonesia:

A.Elektronik

- Polytron

B.Gadget (Komputer, Laptop, Smartphone, Wearables)

- Zyrex
- Axioo
- Advan 
- Evercoss
- SPC
- HiMax
- Mito

C.Fashion, Lifesyle dan Kosmetik dan Kesehatan

- Erigo
- Eiger
- Wardah Cosmetics
- Viva Cosmetics
- Martha Tilaar
- BioFarma
- Kimia Farma
- Sanbe Farma
- Dexa Medica

D.Buku

- Kiky
- Sinar Dunia

E.Kendaraan

- Polygon (Sepeda)
- Viar
- Esemka (Belum Jelas)

F.Produk Makanan dan Minuman Kemasan

- Indofood
- Mayora
- Wingsfood
- J.Co
- CFC
- Es Teler 77

G.Online Marketplace

- Tokopedia
- Bukalapak
- Blibli
- Orami 
- Ralali
- Bhinneka
- Matahari

Dan ada juga brand-brand yang terdapat dalam kategori diatas namun saya belum menyebutkannya secara pasti.
mohon maaf apabila ada kesalahan informasi ataupun penulisan dan semua yang terkait dengan artikel ini adalah pendapat pribadi saya.

*Note :
             Sumber dan Referensi 
            - Opini Pribadi
            - Gambar Merupakan Digunakan Untuk Penggunaan Umum (Sumber Tertera) 
         

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Blog CoSinTech. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan blog CoSinTech lebih baik lagi.

    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPPO kenalkan fitur komunikasi tanpa Pulsa dan Kuota

Perbedaan Penyimpanan UFS vs EMMC vs NVME

Mengenal Produsen Semikonduktor Chip Besar Dunia