Perbedaan Penyimpanan UFS vs EMMC vs NVME

 Mengenal Teknologi Penyimpanan Smartphone UFS,eMMC,NVME


eMMC (embedded-Multimedia Card)

eMMC adalah teknologi penyimpanan data perangkat mobile yang berupa Kartu Memori (Memory Card) yang tertanam pada chip dalam hardware. eMMC pertama kali diperkenalkan pada Tahun 1997 oleh SanDisk dan Siemens. eMMC mampu menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 512 GB dan kecepatan Baca/Tulis (R/W) yang ditawarkan pada versi terbaru dapat mencapai 250 MBps/125 MBps.

Versi eMMC

eMMC 4.3
eMMC 4.4
eMMC 4.41
eMMC 4.5
eMMC 5.0
eMMC 5.1

Untuk saat ini tipe penyimpanan ini sudah jarang digunakan saat pada perangkat portabel dan mobile dikarenakan Kecepatan Baca/Tulis (R/W) yang ditawarkan lebih rendah untuk kebutuhan performa saat ini dan mulai digantikan dengan Universal Flash Storage atau UFS.
 

UFS (Universal Flash Storage)

UFS adalah teknologi penyimpanan data pada perangkat mobile terutama smartphone yang tergolong baru dan menawarkan teknologi yang canggih. UFS pada sekitaran Tahun 2013-an hanya digunakan untuk perangkat portabel mobile seperti smartphone yang tergolong seri Flagship namun, saat ini tipe penyimpanan UFS mulai digunakan diberbagai rentang mulai dari seri Flagship hinggan Midrange. Tipe penyimpanan UFS menawarkan Kecepatan Baca/Tulis (R/W) pada versi terbaru hingga mencapai 1450 MBps (1,4 GBps).

Versi UFS 

UFS 1.0 (2011)
UFS 1.1 (2012)
UFS 2.0 (2013)
UFS 2.1 (2016)
UFS 2.2 (2020)
UFS 3.0 (2018)
UFS 3.1 (2020)


NVME (Non-volatile Memory Express)

NVME merupakan (berdasarkan Wikipedia) spesifikasi antarmuka perangkat logika terbuka untuk mengakses media penyimpanan NVM pada komputer yang biasanya dipasang melalui bus PCI-Express (PCIe). NVME sering kali dijumpai sebagai Flash NAND Memory yang terdapat dalam beberapa bentuk baik SSD, PCIe Add Cards (Tambahan Kartu), dan juga M.2 Cards. Sama seperti teknologi penyimpanan UFS , teknologi NVME merupakan teknologi yang tergolong baru yaitu muncul pada Tahun 2010-an.

NVME biasanya sering ditemui pada perangkat desktop baik itu Komputer/PC ataupun Notebook, namun saat ini pada perangkat ponsel (Smartphone) kita dapat menemuinya pada perangkat yang mendukung iOS yaitu iPhone. iPhone menggunakkan penyimpanan tipe NVME pada seri iPhone 6 yaitu sekitar Tahun 2014. Untuk Android, sayangnya Sistem Operasi ini belum mendukung adanya teknologi NVME mungkin kedepan bisa saja teknologi NVME akan hadir pada Android dalam beberapa tahun kedepan.


Kesimpulan (Opini Penulis) :

Dari ketiga teknologi penyimpanan yang sering dijumpai pada perangkat mobile terutama smartphone bisa kita perhatikan bahwa eMMC bisa dikatakan sebagai sebuah kartu memori (Memory Card) yang telah tertanam pada IC atau Sirkuit, sedangkan UFS merupakan hasil upgrade dan inovasi dari eMMC yang signifikan perbedaanya. Dan yang terakhir NVME bisa kita katakan merupakan SSD tipe terbaru dan mampu digunakan di smartphone Apple yaitu iPhone.


*Note :
             Sumber dan Referensi 
            - Wikipedia, Internet Universal Sources.
            - Gambar Merupakan Hak Milik Blog (Sumber Icon,Ilustrasi, dan Gambar Tertera)
         

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Blog CoSinTech. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan blog CoSinTech lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih dekat dengan GPU Intel (2021)

SIRINA siap hadang Ponsel Ilegal/BM

15+ Perintah Dasar Linux Bagi Pemula