Untung Buntung Virus Covid-19

Bahas Virus COVID-19

Untuk kali ini Blog CoSinTech akan membahas Opini Santai tentang Virus COVID-19 yang berbeda dari artikel-artikel lainnya yang membahas berkaitan tentang teknologi. Opini santai yang bertajuk Untung-Buntung Virus COVID-19 merupakan rangkuman opini pribadi yang bertujuan untuk mengingatkan kita tentang bahaya Pandemi yang mengguncang segala sektor di kemudian hari. 

Sisi Negatif (-) Pandemi COVID-19

    Sejak merebak pada awal Tahun 2020, Pandemi COVID-19 membuat berbagai sektor baik perekonomian, industri serta aktivitas masyarakat menjadi lengang dan terasa sepi akibat pembatasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani pandemi. Berbagai negara di seluruh dunia menerapkan pembatasan sosial kepada masyarakat untuk menahan laju penularan Virus COVID-19 yang menular melalui udara dan masuk lewat pernafasan. Berikut beberapa hal negatif yang membuat Virus COVID-19 menjadi musuh bersama, seperti :

Ekonomi 
    Akibat pembatasan sosial yang dilakukan pemerintah membuat aktivitas sosial menjadi terbatas dan membuat banyak orang harus terus berada di rumah, mungkin bagi karyawan perkantoran akan menjadi tenang karena dapat melakukan pekerjaan di rumah (WFH) tapi tidak bagi pekerja non-esensial seperti buruh, pedagang, karyawan lapangan dsb membuat mereka dirumahkan terlebih dahulu bahkan beberapa ada yang di-PHK sehingga banyak yang kehilangan pemasukan disaat pandemi dimana masa ini merupakan paling kritis untuk terus menjaga kesehatan

Sosial-Budaya
    Pandemi yang merebak sejak awal 2020 yang membuat masyarakat Stay at Home membuat berbagai aktivitas budaya serta sosial dihentikan sementara seperti menonton bioskop, menonton konser, berbelanja di mall, serta travelling ke destinasi wisata harus dihentikan sementara membuat mayoritas orang terasa bosan bila terus berada dirumah bahkan beberapa ada yang terkena depresi akibat kesepian yang berujung adanya bunuh diri.

Sisi Positif (+) Pandemi COVID-19

    Dari yang kita lihat diatas, sisi negatif dari Pandemi COVID-19 memang sangat merugikan masyarakat baik dari segi psikologis dan fisik. Tetapi walaupun dirasa-rasa sangat dan banyak dirugikan bila kita ubah perspektif dan sudut pandang kita lebih luas dan jauh kita dapat mengambil hikmah dan keuntungan dari adanya Pandemi COVID-19, diantaranya :

Lingkungan
    Pembatasan masyarakat oleh pemerintah membuat banyak aktivitas sosial dan ekonomi dihentikan, membuat banyak orang terus berada dirumah dan kegiatan industri serta mobilisasi dihentikan sementara waktu. Sehingga karbon dioksida yang dihasilkan oleh industri dan mobilisasi kendaraan berkurang drastis selama pandemi, bahkan pada tahun lalu ada artikel yang mengatakan bahwa lapisan ozon bumi dibagian selatan bumi di Antartika telah pulih. Ada juga beberapa spesies laut yang muncul dan memenuhi pantai disaat pantai sepi. Sehingga bisa dikatakan bahwa Pandemi COVID-19 membuat bumi ini telah membaik daripada sebelumnya dan perubahan iklim bisa diperlambat sementara waktu.

Inovasi dan Adaptasi
    Pandemi COVID-19 membuat banyak negara berlomba-lomba pulih dari Pandemi dan banyak masyarakat dan individu yang mulai beradaptasi dan berinovasi dalam membuat suasana dan kenyamanan untuk selalu merasa aman dan sehat dalam beraktivitas baik di rumah maupun diluar ruangan. Inovasi dan kreasi yang dihasilkan selaras dengan tujuan untuk pulih dari pandemi secepatnya, inovasi seperti ekosistem pembelajaran daring oleh sekolah, penayangan hiburan yang berpindah masif dari layar kaca dan layar lebar menjadi berbasis layanan streaming dan VOD, bahkan untuk kesehatan banyak kita dapat lihat seperti penciptaan alat pendeteksi virus GeNose dan cepatnya RnD dan Produksi Vaksin yang cepat hanya dalam waktu 1 Tahun. 

*Note :
            Opini Santai "Untung-Buntung COVID-19" merupakan pembahasan bersifat ringkas dan padat yang merupakan opini                 pribadi kontributor dan penulis dari Blog CoSinTech

            - Gambar Merupakan Illustrasi (Hak Milik Blog)
            - Sumber Ilustrasi pada Gambar tertera jelas dalam gambar
         

Terima kasih sudah membaca dan mampir di Blog CoSinTech. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan blog CoSinTech lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OPPO kenalkan fitur komunikasi tanpa Pulsa dan Kuota

Mengenal Produsen Semikonduktor Chip Besar Dunia

Layanan terbaru Apple,inc bidik segmen Entertainment dan Financial