SIRINA siap hadang Ponsel Ilegal/BM


Setelah beberapa minggu ini dihangatkan oleh berita pemblokiran ponsel ilegal atau kita sering menyebutnya HP BM (Black Market). HP Ilegal/BM bisa diketahui dari IMEI ponsel masing-masing. Pemblokiran ini membuat pengguna ponsel ilegal tidak dapat menggunakkan jaringan telepon/seluler bukan pemblokiran secara menyeluruh (ponsel mati total) ataupun secara hardware sehingga pengguna tetap dapat menggunakkan ponsel walaupun tidak dapat menggunakkan jaringan telepon/seluler.

-Bagaimana cara mengetahui IMEI ponsel ?

cara mengetahui IMEI ponsel anda dengan mudah yaitu dengan mengunjungi situs milik Kementerian Perindustrian dengan klik link dibawah ini !


-Lalu bagaimana Cara Pemerintah Mengetahui, Mengontrol, dan Memblokir Ponsel Ilegal ?

Dalam memblokir Ponsel Ilegal/BM (Black Market) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) menggunakkan produk teknologi buatan Amerika Serikat (US) yaitu teknologi DIRBS milik Qualcomm. DIRBS adalah kepanjangan dari Device Identification, Registration, and Blocking System.

Qualcomm Logo
qualcomm.com

DIRBS merupakan Platform Software bersifat Open Source yang dapat digunakan oleh Konsumen, Manufaktur, Operator Seluler, dan juga Pemerintahan. DIRBS Software dapat diunduh melalui situs GitHub.

DIRBS Logo
qualcomm.com
Nah, bila DIRBS adalah nama internasional/inggrisnya , SIRINA adalah nama Indonesia-nya/Nasional. SIRINA adalah kepanjangan dari Sistem Informasi, Registrasi, Identifikasi Nasional.
SIRINA siap mengontrol dan mengawasi peredaran nomor IMEI dan memblokirnya bila memang tidak sesuai dengan aturan/kebijakan pemerintah.


*NOTE :
  1.sumber dan referensi : qualcomm.com dan kementerian komunikasi dan informasi
  2.beberapa kalimat berisi argumen penulis

Mohon maaf apabila ada kesalahan informasi ataupun penulisan. Berikan kritik dan saran anda di komentar untuk mengembangkan CoSinTech lebih baik lagi. 



COPYRIGHT 2019 / CoSinTech / All Rights Reserved





Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkomentar ; )

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih dekat dengan GPU Intel (2021)

15+ Perintah Dasar Linux Bagi Pemula